Senin, 13 Februari 2012

Peran Teknologi Komunikasi Bagi Pelajar Dan Anak Remaja


Teknologi merupakan suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia dan telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan. Teknologi telah berkembang pesat dan semakin canggih seiring dengan perkembangan zaman. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat khususnya dikalangan anak remaja ataupun pelajar. Berbagai informasi dan kejadian yang terjadi dibelahan bumi kini telah dapat kita akses dengan cepat dan mudah, sehingga informasi yang kita dapat dengan mudah seakan membuat belahan dunia ini semakin sempit.
seperti yang kita ketahui kemajuan teknologi yang sangat pesat ini dapat berpengaruh bagi kehidupan umat manusia apalagi terhadap remaja dan pelajar sekarang. Tentunya pengaruh dari penggunaan teknologi ada yang berdampak positif dan negatif. Adanya kemajuan teknologi komunikasi juga berperan baik pada proses belajar anak remaja. Mereka lebih mudah menerima ilmu dengan adanya akses layanan edukasi, sehingga mereka lebih tanggap dan cerdas. Kadang kemajuan teknologi sekarang tidak digunakan dengan baik, karena teknologi komunikasi merupakan sarana untuk hiburan. Terkadang banyak orang yang salah kaprah dalam penggunaan teknologi. Coba kita lihat dilingkungan sekitar kita, banyak macam-macam teknologi yang berperan sekali dalam kehidupan anak remaja. Contoh paling dekat dengan kehidupan keseharian kita yaitu teknologi handphone. Dulu teknologi ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Tapi sekarang sudah melekat erat atau seakan ada hubungan magnet yang bisa menempel pada anak-anak remaja sekarang. Entah karena benar-benar membutuhkan sebagai alat komunikasi atau hanya sarana gaul, yang jelas mereka semakin gaul dan percaya diri. Karena apa, sekarang ini udah banyak fitur-fitur yang bisa dinikmati mulai dari mp3, camera, video, layanan internet, dll.
tidak hanya itu saja, dengan kemajuan teknologi sekarang ini seorang anak remaja bisa mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki dengan memanfaatkan dunia yang tidak seperti dunia kehidupan melainkan dunia yang penuh dengan berbagai informasi di sebuah jaringan yaitu dunia maya. Tapi itu tinggal merekanya sendiri, maukah mereka untuk memanfaatkan itu dengan hal-hal yang membangun seorang anak remaja untuk lebih baik demi masa depan ataukah hanya sekedar mampir hanya untuk hal-hal yang tidak berguna bagi dirinya maupun orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates