Rabu, 15 Februari 2012

Proses Belajar Yang Efektif

Dalam dunia pelajar , belajar merupakan kewajiban bagi setipa siswa. Tapi yang belajar hanyalah siswa yang berkeinginan keras , mau berusaha, dan ingin sukses dalam pembelajarannya. Meskipun begitu masih ada siswa yang mau belajar kalau ada tes saja, hal itu dapat merugikannya . Sebab jika belajar dalam keadaan mendadak pasti tidak efektif  dan juga bisa membuat kita menjadi stress .
Sebagian besar siswa tidak dapat membagi waktu antara belajar dengan bermain. Walaupun bia, pasti waktu belajar hanya sebentar disbanding dengan bermain dan sisanya digunakanuntuk hal-hal yang tidak berguna.
Untuk pembagian waktu kita harus memikirkan dan menghitung secara tepat juga efisien, misalnya ;
-    Sepulang sekolah istirahat sebentar dulu
-    Mengulang kembali pelajaran yang diberi Bapak/Ibu Guru sewaktu disekolah.
-    Istirahat dalam kata lain tidur sejenak.
-    Malam harinya belajar pelajaran bab baru sesuai dengan jadwalnay/mengerjakan PR kalau ada.
Sebaiknya dalam belajar kita harus konsentrasi pada mata pelajaran yang kita pelajari baik disekolah maupun dirumah . Belajar itu memerlukan proses bukan hanya sekali belajar kita langsung bisa. Jadi kita harus melalui belajar dengan giat dan rajin juga harus disiplin dalam pembelajaran. Melalui itulah kita bisa terbiasa untuk belajar , bila dalam pmbelajaran kiata gagal janganlah untuk cepat putus asa. Karena keberhasilan terbenuk atau terjadi karena adanya kegagalan, dari kegagalan itulah kita bisa ambil hikmahnya, dan hikmah itulah yang bisa kita pelajari supaya kegagalan tidak dibilang kedua kalinya.
    Supaya kita berhasil dalam pembelajaran ingatlah hal-hal dibawah ini :
-    Niat
-    Disiplin
-    Penuh optimis
-    Belajar dari kesalahan
-    Berdo’a
Insya Allah dengan sikap itu dan dapat kita laksanakan kita akan memetik hasilnya. Karena “Barang siapa yang menanamnya pasti akan menuai hasilnya.”  

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates